HTC Touch

HTC Touch HD T8282 World Phone
HTC HD2 Unlocked QuadBand Smartphone
HTC S630 GSM Quad-band World Phone
HTC Imagio VX6975 Windows Mobile 6.5 Touchscreen 5.0 Megapixel GSM
Unlocked HTC myTouch Smartphone – Black – Unlocked
HTC P3470 Pharos Quad Band GSM Unlocked PDA Phone
HTC A6262 Hero Unlocked Phone
HTC Touch Pro2 T7373 (Unlocked Quadband) GSM Cell Phone
HTC Touch PRO T7272 Unlocked GSM PHONE
HTC Touch Pro2 T7373 Smartphone Black/Grey Unlocked
HTC Shift X9500 Quadband 3G UMPC Mobile Compute

Apa itu HTC???

Hi Tech Company alias HTC, merupakan perusahaan/vendor penghasil telepon pintar (smartphone) yang sering kita kenal dengan sebutan PDA (Personal Digital Assistant) yang berbasis sistem Windows Mobile dan berlayar sentuh (touch screen). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1997 oleh Cher Wang dan Peter Chou. Teknologi HTC sebenarnya telah lama digunakan oleh merek-merek smartphone ternama, seperti HP (Hewlet Packard), Dell dan Palm. HTC juga merupakan produsen pertama produk-produk berbasis Microsoft Windows Mobile. Sudah puluhan produk yang telah dikeluarkan oleh vendor ini, namun yang akan saya review di sini adalah HTC Touch alias HTC P3450.

Jika kita perhatikan sekilas, HTC Touch ini mirip dengan I-Phone, sebuah produk fenomenal besutan Apple Corp. Namun, jika kita perhatikan lebih jauh lagi, ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan dengan I-Phone, terutama main interface, fungsi dan bentuknya. Dengan ukuran 99.9 mm x 58 mm x 13.9 mm dan berat 112 dengan bentuk tablet, HTC Touch termasuk PDA minimalis dengan interface touch screen dan fitur yang maksimalis. Ukurannya yang mungil ini –untuk kelas PDA-, membuat HTC Touch nyaman untuk digenggam.

HTC Touch berbasis OS (Operating System) Windows Mobile 6 Profesional dengan prosesor TI OMAP 850 201 MHz dengan jaringan Triband (900, 1800 dan 1900 MHz). Memorinya adalah 64 MB RAM dan 128 MB ROM sehingga bisa dikatakan, kecepatan prosesnya biasa-biasa saja, bahkan terkadang terdapat bug sebagaimana dimiliki oleh produk HTC lainnya. Namun, adanya bug ini, dibandingkan dengan fitur dan interface yang impresif, saya rasa tidak begitu mengganggu.

htc-touch-a

HTC Touch memiliki layar TFT Touchscreen berukuran 2.8 inci yang cukup lega untuk fungsi multimedia. Layarnya juga cukup terang dan jelas dengan 65.536 warna dan ukuran 240×320 pixel. Keunikan HTC Touch ini dibandingkan dengan smartphone lainnya adalah, adanya interface multitouch unik yang dikembangkan oleh HTC yang disebut dengan TouchFlo. Dengan TouchFlo, pengguna dimanjakan untuk mengakses fitur-fitur andalan dengan sapuan jari tangan. Sapuan jari dari bawah ke atas, akan membuka fitur TouchCube dengan 3 submenu. Tiap submenu ini dapat digeser dengan cara manyapukan jari dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Sub menu pertama berisi daftar kontak favorit beserta tampilan foto, sub menu kedua berisi fitur pemutar video, audio dan foto, dan sub menu ketiga berisi fitur untuk email, sms, internet, tasks, calender dan Comm Manager.

Interface Utama

HTC Touch memiliki tampilan Home-HTC yang dapat diaktifkan pada system. Tampilannya sangat menarik. Ada tiga tab sub menu yang dapat dibuka pada tampilan depan ini, yaitu Home yang berisi jam digital dan tanggal, weather yang berisi perkiraan cuaca pada kota-kota besar (untuk Indonesia hanya Jakarta) dan launcher yang dapat kita kustomisasi sendiri untuk shortcut 9 program terfavorit kita.

touch_001

Konektivitas dan Internet

HTC Touch masih menggunakan network GPRS dan EDGE, belum 3G (UMTS) dan 3.5 G (HSDPA). Jadi, kecepatan akses internetnya masih standar. Selain itu, HTC Touch juga mendukung WiFi untuk koneksi internet. Untuk transfer data, HTC Touch mensupport Bluetooth dan Mini USB. HTC Touch juga memiliki fasilitas Push Email, yang sangat mudah digunakan. Windows Live Messenger telah terintegrasi ke dalam fitur HTC Touch, sehingga memberikan kesempatan kita untuk chat dan cek email.

Multimedia

Dari sisi multimedia, HTC Touch bisa dikatakan cukup komplit. Kamera 2 MP dapat memberikan gambar yang jelas dan terang pada kondisi pencahayaan yang baik. Namun, dalam kondisi pencahayaan yang buruk, hasil kamera kurang jelas.  Untuk pemutar video, HTC Touch menyediakan Window Media Player yang dapat memutar berbagai jenis format audio seperti AAC, MPEG4, AAC+ dan AMR. Untuk audio, HTC Touch memiliki fitur Audio Manager yang dapat memutar file MP3 kita dan dapat kita kategorisasikan menurut artist, judul, genre, dls.

Windows Office Mobile

Sebuah ponsel tidak bisa dikatakan PDA dan telepon pintar jika tidak dapat mengakses file-file kantor (office). HTC Touch menyediakan Office Mobile untuk membuka dan mengedit file word dan excell spreadsheet. Selain itu, HTC Touch dapat membuka file powerpoint sebelum anda melakukan presentasi, walaupun anda tidak dapat mengeditnya. File-file PDF pun juga dapat dibuka dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s